Kiat Memperkuat Iman

kiat memperkuat iman

Kiat Memperkuat Iman

Pertanyaan:
Bagaimana seseorang bisa menjadi orang yang kuat imannya, menerapkan segala perintah Allah dan takut akan siksaNya?

Jawaban:
Hal itu bisa terjadi dengan cara membaca Kitabullah, mengkajinya dan mentadabburi makna dan hukum-hukumnya; mengkaji sunnah Nabi صلی الله عليه وسلم dan mengetahui rincian syariat darinya, mengamalkan isinya dan komitmen terhadapnya dalam perbuatan dan ucapan; menjadikan diri selalu dalam pengawasan Allah dan menyadarkan hati akan keagunganNya; mengingat hari akhir dan adanya hisab, pahala, siksa dan kepedihan serta hal-hal yang menye-ramkan; bergaul dengan orang-orang yang dikenal keshalihannya dan menjauhi para pelaku kejahatan dan kerusakan. Wa Shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammad Wa Alihi Wa Shahbihi.
Rujukan:
Kumpulan Fatwa Islam, Lajnah Da'imah, Juz IV, hal. 495.

Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 1, penerbit Darul Haq.
Kategori: Aqidah

Lagu Kebangsaan Dan Hormat Kepada Bendera
Pertanyaan:
Apakah boleh berdiri untuk lagu kebangsaan dan hormat kepada bendera?

Jawaban:
Tidak boleh bagi seorang Muslim berdiri untuk memberi hormat kepada bendera dan lagu kebangsaan. Ini termasuk perbuatan bid'ah yang harus diingkari dan tidak pernah dilakukan pada masa Rasulullah صلی الله عليه وسلم ataupun pada masa al-Khulafa' ar-Rasyidun -rodliallaahu'anhum-. Ia juga bertentangan dengan tauhid yang wajib sempurna dan keikhlasan di dalam mengagungkan hanya kepada Allah semata serta merupakan sarana menuju kesyirikan.

Baca Juga : Dosa yang menjadi pahala.
Di samping itu, ia juga merupakan bentuk penyerupaan terhadap orang-orang kafir, mentaklid tradisi mereka yang jelek serta menyamai mereka dalam sikap berlebihan terhadap para pemimpin dan protokoler-protokoler resmi. Padahal, Nabi صلی الله عليه وسلم telah melarang kita berlaku sama seperti mereka atau menyerupai mereka. Wa billah at-Taufiq, wa shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa shahbihi wa sallam.

Rujukan:
Kumpulan Fatwa Lajnah Da'imah, halaman 149.
Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 1, penerbit Darul Haq.
Kategori: Aqidah
Sumber: http://fatwa-ulama.com

5 comments:

  1. Silahkan di bahas jika ada kekeliruan dalam penulisan, terima kasih..

    ReplyDelete
  2. Jika semua bid'ah, pakai onta saja jual motor nya..

    ReplyDelete
  3. singkat padat dan bermanfaat

    ReplyDelete