Siapa sajakah yang diwajibkan untuk mengurusi jenazah?

Informasi Mengenai Fatwa-Fatawa Seputar Jenazah Lengkap, dan Tata Cara Pengurusan Jenazah, Semoga Bermanfaat, Terima kasih.

Pertanyaan :
Siapa sajakah yang diwajibkan untuk mengurusi jenazah?

Jawaban :

Kepengurusan jenazah diwajibkan atas sanak kerabatnya. adapun biaya kepengurusannya, seperti kain kafan, wangi-wangian, upah penggalian kubur, upah penggotongan jenazah –jika yang menggotongnya perlu dibayari-, demikian pula dengan upah orang yang memandikan, maka ini semua diambil dari harta pribadi sang mayit. Ini lebih didahulukan ketimbang membayar hutang dan membayar tanggungan lainnya.

Jika si mayit tidak memiliki harta, maka wajib bagi orang yang diharuskan menafkahinya untuk membayar semua biaya di atas. Tetapi jika ada seseorang yang menyumbang untuk biaya kepengurusan jenazah tersebut, maka hal ini dibolehkan, meski seandainya si mayit meninggalkan banyak harta yang melimpah.

Jika sanak kerabat saling berselisih, setiap orang ingin menanggung kepengurusan, pemandian, dan pengkafanan, maka didahulukan seseorang yang paling dekat hubungan rahim terhadap sang mayit. Hal ini jika si mayit tidak meninggalkan wasiyat kepada siapapun.

Tapi, seandainya si mayit berwasiyat kepada seseorang tertentu, dia berkata misalnya, "Tidak boleh memandikanku kecuali si fulan." Maka si fulan yang diberi wasiyat itulah yang berkewajiban memandikannya.

Namun, jika si mayit tidak memberi wasiyat seperti yang diterangkan di atas, maka lebih diutamakan yang paling dekat, dari ayahnya, kemudian putranya, kemudian yang paling dekat, dan yang paling dekat. allahu a`lam. >>> Yang Diwajibkan Untuk Mengurusi Jenazah,

Wallahu'alam..

0 comments:

Post a Comment